4 Tips Desain Ruang Kelas yang Nyaman

Kelas merupakan pusat perluasan ilmu pengetahuan, karena menjadi tempat belajar dan mengajar dalam dunia sekolah. Namun, generasi siswa masa kini mudah bosan dengan sesuatu yang monoton, sehingga tidak sedikit yang membolos sekolah. Untuk mengantisipasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendesain kelas menjadi ruang yang nyaman dan menyenangkan, tentunya didukung oleh fasilitas yang lengkap dan unik seperti papan tulis kaca.

Desain Ruang Kelas

Tips Mendesain Ruang Kelas yang Nyaman

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan kelas, mulai dari menjaga kebersihannya, hingga memberi hiasan yang berasal dari karya seni siswa. Dari sekian banyak cara yang dilakukan, ada 4 tips utama yang memiliki pengaruh besar, diantaranya

1. Gunakan Tema yang Tidak Biasa dan Bernilai Edukasi

Menentukan tema merupakan langkah yang paling penting sebelum memutuskan untuk melakukan desain dalam ruangan, agar terjadi keserasian di dalamnya. Banyak kelas yang menampilkan karya seni anak pada dinding, namun karya tersebut cenderung saling tidak berhubungan dengan gambar ataupun warna di sekitar ruangan.

Agar tidak mengurangi fungsi kelas sebagai tempat belajar, maka gunakanlah tema yang bernilai edukasi dan berhubungan dengan pelajaran. Misalnya tema lautan serta biota di dalamnya ataupun antariksa lengkap dengan susunan planetnya.

2. Tata Bangku dengan Bentuk yang Tidak Monoton

Tata Bangku dengan Bentuk yang Tidak Monoton

Menggunakan bangku yang berjajar dan menghadap ke papan tulis adalah bentuk posisi  yang sudah biasa dan monoton. Walaupun papan tulis menggunakan bahan kaca di toko yang jual papan tulis kaca, namun tatanan bangku yang berbaris rapi membuat suasana lebih membosankan dan terlihat individual.

Oleh sebab itu aturlah bangku dengan posisi lainnya seperti berbentuk huruf U atau melingkar. Dengan posisi ini maka siswa akan dilatih untuk lebih sosial dengan teman-teman sekelasnya. Selain itu suasananya juga menjadi lebih ramah, nyaman dan tidak membosankan.

3. Menggunakan Papan Kaca Sebagai Media Belajar

Kenyamanan tidak hanya bisa diciptakan dari penataan tampilan kelas yang bernilai estetika saja, lebih dari itu, faktor fisik terkait kesehatan siswa juga harus diperhatikan. Caranya tentu dengan mengajak semua anggota kelas untuk saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan.

Selain itu anda juga bisa mengurangi tingkat kemalasan murid dalam melakukan pembersihan kelas akibat prosesnya yang sulit. Misalnya menggunakan papan kaca dari produsen yang jual glassboard sebagai pengganti papan kayu untuk media belajar. Dengan menggunakan papan jenis ini, maka kelas lebih mudah di rawat karena papan gampang dibersihkan.

4. Pemanfaatan Tanaman Hijau Untuk Menjaga Kesegaran

Setelah memastikan kebersihan ruangan tetap terjaga, maka kenyamanan kelas terkait kesehatan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman hijau. Walaupun setiap sekolah sudah memiliki taman sendiri, namun tidak ada salahnya untuk meletakkan tanaman hias di dalam ruangan.

Fungsi tanaman yang bisa mengeluarkan oksigen akan mendukung tingkat kenyamanan siswa karena pernafasan akan selalu segar ketika belajar terlebih pada siang hari. Hal ini bisa menjadi solusi bagi sekolah yang memiliki jam belajar full time, agar terhindar dari kondisi lemas ataupun mengantuk.

Dengan menggunakan tips di atas dalam melakukan dekorasi kelas, maka siswa akan lebih nyaman dalam melakukan proses belajar mengajar. Pihak sekolah pun tidak akan dirugikan dengan menggunakan berbagai fasilitas yang lebih berkualitas seperti papan tulis kaca, karena kenyamanan siswa akan meningkatkan kualitas daya pikir mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *