Berbagai Solusi Untuk Menangani Permasalahan Pada Plafon yang Wajib Diketahui!

Plafon sebagai pembatas antara bagian atap dengan ruangan, sekarang ini sering dimanfaatkan penggunaannya dalam berbagai gaya hunian. Misalnya saja seperti menambah interior rumah menjadi lebih cantik dan elegan. Selain itu dengan adanya plafon, rumah akan menjadi lebih nyaman karena air dan debu tertahan pada bagian atasnya.

Permasalahan Pada Plafon

Nah, untuk jenis plafon ada banyak tersedia di pasaran. Contohnya seperti plafon gypsum, tile, tripleks, kayu, grc, bahkan hingga plafon akustik. Pemilihan masing-masing jenis plafon ini, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Namun bagaimana jika ternyata plafon di rumah anda rusak? Tentu hal ini sangatlah menjengkelkan. Maka dari itu, anda disarankan untuk mengenali apa saja penyebab masalah pada plafon.

Penyebab Masalah yang Sering Terjadi Pada Plafon

Meski telah memasang plafon pada atap rumah, bukan berarti akan 100% melindungi rumah anda. Karena terkadang, plafon mengalami beberapa permasalahan yang bisa mengurangi fungsi penggunaannya. Masalah pada plafon ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya saja seperti pemasangan jenis plafon yang tidak sesuai tempatnya, maupun pemasangan yang tidak dilakukan tenaga ahli. Terkadang pemasangan juga dilakukan asal, sehingga ukuran rangka tidak sesuai ataupun sambungan tidak pas. Tentu saja  anda harus menghindari penyebab masalah plafon ini. Atau jika sudah terlanjur mengalami kerusakan, sebaiknya segera cari solusinya.

Berbagai Masalah Plafon dan Solusi Mengatasinya

Masalah Plafon dan Solusi Mengatasinya

Sebagai pelindung dibagian atas dalam rumah dan bila sudah berusia lama maka permasalahan bisa saja muncul kapan saja pada plafon. Beberapa permasalahan plafon yang sering terjadi, bisa anda atasi dengan beberapa solusi berikut ini.

1. Plafon menggelembung ataupun melendut

Plafon yang menggelembung sebaiknya segera anda perbaiki, karena jika dibiarkan, permasalahan ini bisa membuat plafon rumah tiba-tiba roboh loh. Solusi untuk mengatasinya, yakni tambahkanlah penahan rangka plafon pada lokasi yang menggelembung.

2. Retaknya sambungan plafon

Untuk mengatasi terjadinya keretakan pada sambungan plafon, tentunya anda harus melakukan perbaikan. Pada keretakan yang cukup ringan anda hanya perlu mengaplikasikan kompond pada area yang retak. Namun jika keretakan sangat parah, solusinya hanya satu yakni melakukan bongkar plafon dan diganti dengan yang baru. Keretakan parah ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan pada struktur plafon saat proses pemasangan.

3. Plafon terlihat bergelombang

Meski tidak memengaruhi fungsi plafon, tapi hal ini bisa mengganggu tampilan interior rumah anda loh. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya kerangka plafon yang membuatnya terlihat kurang lurus. Untuk mengatasinya, pasanglah kembali plafon dan jangan lupa memastikan kelurusannya memakai waterpass.

4. Tumbuh lumut

Tumbuhnya lumut pada plafon terjadi karena tingginya tingkat kelembaban. Sehingga anda harus terlebih dulu mengatasi penyebab kelembaban tersebut. Misalnya saja atap yang bocor atau rembesan dari kamar mandi lantai atas. Nah, setelah anda mengatasi penyebabnya, kini giliran anda memperbaiki plafon dengan mengecat ulang.

5. Munculnya serbuk rayap

Solusi untuk mengatasi permasalahan rayap ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu membasminya sampai tuntas menggunakan cairan anti rayap, minyak tanah ataupun oli. Selain itu, anda sebaiknya memilih plafon yang tepat dan sesuai dengan kondisi tempat tinggal anda. Jika area rumah anda cenderung mudah terserang rayap, lebih baik hindarilah penggunaan plafon kayu.

Pilihlah jenis plafon lain seperti plafon gypsum yang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya yakni harga plafon gypsum murah dan sesuai dengan manfaat penggunaannya. Pastikan juga bahwa pemasangan selalu dilakukan oleh tenaga ahli ya, biar hasilnya berkualitas dan tahan lama! Sayang bukan jika anda harus melakukan perbaikan karena pemasangan yang asal?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *