Ini Loh Perawatan Tepat Untuk Pintu Kaca yang Harus Diketahui!

Perawatan Tepat Untuk Pintu Kaca

Pintu berbahan kaca merupakan item favorit bagi beberapa pemilik rumah untuk mempercantik hunian mereka. Bahan material kaca ini akan memberi kesan yang luas dengan pantulan yang diberikan oleh kaca itu sendiri. Warna dari pintu ini yang bening sehingga mudah memantulkan cahaya. Tetapi disatu sisi kebeningan yang dimiliki pintu berbahan kaca ini harus dirawat. Jika tidak, pintu tersebut kehilangan estetika dan mempunyai fungsi yang tidak maksimal pada hunian. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya ya.

6 Perawatan Tepat Untuk Pintu Berbahan Kaca

1. Bersihkan Minimal Seminggu Sekali

Pintu berbahan kaca mempunyai kejernihan yang dapat memantulkan objek yang ada disekitar hunian. Kebersihan yang dimiliki jenis pintu ini menambah nuansa stylish dalam hunian. Jika kondisi kaca dalam keadaan kotor, maka nuansa stylish tidak akan terpancar. Sebaliknya, akan menimbulkan suasana yang kotor dalam hunian.

2. Jauhkan Pintu Berbahan Kaca dari Benda-Benda Bertekstur Keras

Perhatikan benda-benda disekitar pintu berbahan kaca yang dapat membahayakan. Letakan barang-barang keras yang dapat merusak kaca. Hal ini dikarenakan menghindari adanya benturan yang dapat merusak kaca. Bukan hanya merusak kaca, benturan yang dihasilkan dapat membahayakan anggota keluarga penghuni. Sebaiknya segera cek barang-barang di sekitar pintu kaca di hunian kalian.

3. Lapisi Pinggiran Pintu Berbahan Kaca

Pinggiran pintu kaca harus dilapisi untuk menghindari kerusakan akibat benturan. Pintu berbahan kaca dapat dilapisi dengan alumimium maupun logam. Pilihlah salah satu item yang dirasa cukup pas untuk melapisi pinggiran pintu berbahan kaca. Yang terpenting, gunakan material yang kuat, sehingga dapat menimalisir dari benturan. Seperti yang sudah diketahui, material kaca mudah pecah bila terkena benturan yang sangat keras.

 4. Gunakan Pembersih Khusus Kaca

Perawatan Tepat Untuk Pintu Kaca

Material kaca dapat menempel pada tangan, sehingga memudahkan kuman berpindah kepada yang menyentuhnya. Hal ini akan membahayakan keluarga. Membersihkan pintu kaca pun harus menggunakan cairan khusus pembersih kaca. Jika hanya menggunakan air bersih, tentu tidak akan menimbulkan kebersihan dalam pintu berbahan kaca secara maksimal. Kemungkinan adanya kuman tersisa yang dapat mengancam kesehatan keluarga penghuni.

5. Gunakan Pintu Berbahan Kaca dengan Hati-Hati

Pada saat membuka pintu berbahan kaca usahakan untuk hati-hati. Jangan terlalu keras karena akan merusak tekstur kaca. Selain tekstur, dalam jangka panjang dapat merusak rongga kaca dengan besi yang menjadi tempat kaca menempel.

6. Menghilangkan Noda Kaca

Pintu kaca mudah kotor dengan beberapa noda. Ada yang mudah dibersihkan tapi ada juga yang sulit. Noda yang sudah lama menempel akan menimbulkan embun yang menutupi pandangan mata ditekstur kaca. Kaca yang buram dapat diatasi dengan rendaman tembakau. Anda bisa merendam 2 ons tembakau didalam 200ml air dan tunggu rendaman selama 30 menit. Setelah 30 menit, masukkan lap bersih ke dalam rendaman tersebut. Lap tersebut bisa kalian gunakan untuk membersihkan kaca.

Itulah beberapa perawatan yang bisa diaplikasikan diterapkan demi menjaga pintu berbahan kaca anda. Semoga berbagai informasi tersebut dapat membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *