Tak Ribet, Begini Cara Mudah Membuat Epoxy Lantai 3D

Bukan hanya hunian sejuk dan asri, memiliki rumah dengan bangunan artistik dan indah tentu jadi impian banyak orang. Terutama bagi mereka yang berjiwa seni. Mulai dari interior hingga eksteriornya pun dibangun sedemikian rupa untuk mempercantik rumah. Usut punya usut, ada satu cara lagi agar membuat rumah terlihat artistik. Yaitu menghias dengan lantai epoxy. Seperti apa itu?

Epoxy Lantai 3D

Penuh Seni, Bikin Lantai Epoxy 3D Tak Sesulit yang Kalian Pikirkan. Intip Tips Mudahnya di Sini.

Alih-alih menggunakan ubin, kita bisa mengganti lantai dengan cat epoxy. Dengan cat “ajaib” tersebut, kita dapat menghias lantai sesuai keinginan. Misalnya membuat lantai 3D. Dengan harga epoxy lantai yang beragam, rumah impian dengan lantai 3D pun bisa terwujud. Lalu, bagaimana cara membuat epoxy lantai 3D? Simak artikel di bawah ini ya…

1. Pilih Desain 3D dan Bahan Epoxy Lantai Terbaik

Lantai Desain 3D

Hal pertama yang wajib dilakukan tentu memilih bahan epoxy lantai yang terbaik. Saat ini, sangat mudah mencari bahan untuk lantai epoxy. Namun yang harus diperhatikan adalah kualitasnya. Terbuat dari resin dan pengeras, epoxy berkualitas tinggi akan membuat lantai rumah terlihat mengkilap, kuat terhadap beban berat dan tentunya bakal bikin lantai jadi estetik.

Harga epoxy lantai sendiri sangat beragam tergantung kualitasnya. Desain yang akan dibuat juga harus dipersiapkan dengan sempurna. Ada baiknya meminta bantuan orang yang ahli di bidangnya. Dengan begitu, hasil 3D nantinya akan terlihat makin nyata.

2. Permukaan Lantai Harus Halus

harga epoxy lantai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lantai 3D akan terlihat nyata jika menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Bukan hanya bahan untuk epoxy-nya sendiri, kita pun harus mempersiapkan dengan baik lantai yang akan digunakan.

Pastikan permukaan lantai yang akan dicat benar-benar halus. Permukaan lantai yang tidak rata akan mempengaruhi hasil akhir 3D epoxy. Jika tidak halus, maka akan membuat lantai 3D kurang cantik. Semahal apapun harga epoxy lantai yang digunakan, jika lantai tak rata maka akan menurunkan kualitas lantai 3D itu sendiri.

3. Aplikasikan Cat Dasar

epoxy primer

Setelah lantai dipastikan halus, kita bisa mulai mengerjakan lantai 3d. Selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan epoxy primer yang merupakan cat dasar. Hal ini dilakukan untuk melindungi permukaan lantai yang telah halus tadi.

Setelahnya, lantai harus kembali dilapisi dengan lapisan anti gores. Seperti yang diketahui bahwa lantai 3d epoxy menampilkan desain yang nyata, jika ada goresan tentu akan membuat lantai terlihat jelek meskipun sudah menggunakan bahan dengan harga epoxy lantai selangit.

4. Desain 3D Siap Dipasang

Desain Lantai 3D

Usai lapisan anti gores sudah benar-benar kering, saatnya menghias lantai sesuai keinginan. Sebelumnya, kita sudah mempersiapkan desain 3D yang akan dipakai bukan? Desain 3D lantai epoxy ini bisa beragam.

Biasanya gambar yang digunakan mengandung unsur air mulai gambar air laut, akuarium, jurang dengan air terjun dan lainnya. Kita juga bisa memilih akan menggunakan lukisan 3D atau stiker 3d. Tentunya pemilihan bahan juga akan mempengaruhi kualitas lantai.

5. Cat Ulang Agar Mengkilat

3D lantai

Tak cukup sekali, kita harus mengecat ulang jika ingin hasil yang maksimal. Setelah lukisan atau stiker 3D lantai dipasang, mulailah mengecat dengan epoxy gloss dan hardener. Hal ini dilakukan agar lantai terlihat mengkilap.

Bukan hanya itu, kedua bahan tersebut juga menjaga lantai supaya terhindar dari goresan. Bagaimana? Siap menghias rumah dengan lantai 3D? Jangan lupa survey harga yang sesuai budget kalian ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *