5 Tips Saat Memasang Railing dari Kaca pada Tangga

Tips Saat Memasang Railing Kaca

Berencana menggunakan railing kaca pada tangga di rumah? Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari desain, pemilihan material kaca, hingga pemasangannya. Anda tidak bisa sembarangan untuk memilih material kaca, karena tidak semuanya kuat dan kokoh digunakan sebagai railing. Jenis kaca yang digunakan sebaiknya adalah kaca tempered yang sudah terbukti tahan lama.

Apabila Anda menggunakan kaca lainnya, seperti kaca es atau kaca film yang biasa digunakan untuk jendela maka sudah pasti railing tidak bertahan lama. Jenis kaca tersebut jika terkena sedikit tekanan apalagi panas akan mudah pecah, walaupun Anda sudah menggunakan ukuran yang paling tebal. Kaca tempered adalah jenis kaca yang pemasangannya harus diperhatikan, karena tidak sembarangan cara untuk memasangnya pada tangga.

Tips Memasang Railing Kaca dengan Tepat di Tangga

Tips Saat Memasang Railing Kaca

Memasang railing pada tangga tidak semudah pemasangannya seperti pada balkon atau lantai dua. Ruang yang sempit pada tangga seringkali menjadi masalah, belum lagi bentuk tangga yang miring. Maka tingkat kemiringannya harus lebih diperhatikan dan tidak bisa sembarangan. Anda juga harus menggunakan jasa pemasangan khusus yang profesional, karena tidak mungkin memasangnya sendiri tanpa keahlian. Menggunakan fasilitas jasa, bukan berarti Anda tidak tahu menahu soal pemasangannya. Ada beberapa tips pemasangan railing kaca pada tangga yang tepat. Anda bisa mencermati hal ini ketika jasa sedang memasangnya.

  • Menggunakan rangka stainless steel

Tips Saat Memasang Railing Kaca

Rangka yang digunakan untuk railing haruslah kuat serta tahan terhadap jamur, rayap hingga karat. Oleh karena itu Anda tidak bisa menggunakan kayu untuk pemasangannya tetapi stainless steel. Rangka stainless steel sangatlah kuat yang akan menjamin ketahanan dari railing. Selain itu, bahan ini juga kuat untuk menjadi kerangka dari kaca tempered yang begitu berat. Rangka ini harus dibuat di beberapa titik sehingga dapat menyokong kaca tempered dan membuatnya berdiri tegak.

  • Menggunakan karet

Kaca tempered nantinya akan dijepit agar bisa dipasang pada stainless steel. Karena memiliki fungsi khusus agar kaca terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergeser ketika digunakan. Karet juga akan membuat stainless steel mampu mengikat kaca dalam waktu yang lama. Jadi walaupun Anda akan menekan kaca, railing pada tangga tidak akan rusak.

  • Siku dan pinggiran kaca harus tumpul

Jika permukaan railing kayu memiliki bentuk yang lebar dan halus karena di amplas, maka railing kaca juga harus dibuat demikian. Kaca memiliki sifat yang tajam pada sudut dan juga pengertiannya. Jika Anda menggunakan pegangan railing langsung kaca maka pinggirannya harus dibuat tumpul, khususnya sudut. Sehingga menghindari terjadi kecelakaan ketika menggunakannya.

  • Kaca harus tebal

Pada saat pemasangan, coba cek kembali berapakah ketebalan dari kaca tempered yang digunakan. Ketebalan ini jangan sampai salah apalagi jika Anda akan memasangnya pada railing tangga outdoor. Semakin tebal akan semakin baik, khusus untuk tangga ketebalannya adalah 12 mm hingga 15 mm. Periksa lagi sebelum pemasangan kaca dilakukan, karena Anda akan menggunakannya dalam jangka panjang.

  • Jarak tiang

Terakhir adalah perhatikan berapa banyak tiang yang digunakan dan juga jaraknya. Anda harus memastikan tiang stainless steel yang dipasang berada di setiap tiga anak tangga. Jumlah ini adalah ukuran standar yang harus dipenuhi agar railing yang dibuat lebih kokoh. Jika terlalu pendek maka akan terlalu boros bahan, sedangkan terlalu jauh akan membuat railing berbahaya digunakan. Tidak sulit bukan untuk memasang railing dari kaca pada tangga. Anda bisa mengonsultasikannya pada jasa profesional sebelum pemasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *